10 Oleh Oleh Khas Surabaya yang Enak dan Bikin Nagih

Membahas tentang Surabaya memang tidak akan ada habisnya. Anda bisa menemukan berbagai kuliner malam di Surabaya yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, jika Anda sedang berada di Surabaya maka jangan lupa untuk mencicipi oleh oleh khas kota pahlawan ini. Pasalnya, di kota ini ada beragam oleh oleh unik yang mungkin tidak bisa Anda temukan di kota lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini Keluyuran akan memberikan rekomendasi mengenai oleh oleh khas Surabaya yang bikin nagih. Dijamin Anda akan terus ingin kembali ke kota pahlawan ini untuk mencicipi semua oleh oleh khas ini. Yuk, langsung saja simak pembahasan mengenai oleh oleh dari Surabaya berikut ini.

10 Oleh Oleh Khas Surabaya yang Enak

1. Lapis Kukus Pahlawan

Lapis Kukus Pahlawan adalah kue lapis khas Surabaya yang terbuat dari tepung singkong dan tepung terigu, sehingga menciptakan citarasa yang khas. Tekstur kue yang lembut dengan proses pembuatan secara dikukus menjadikan nya berbeda dengan kue lapis pada umumnya, dan menjadikan Lapis Kukus Pahlawan sebagai lapis kukus yang pertama di kota Surabaya.

Lapis Kukus Pahlawan ini sangat mudah ditemukan di hampir semua toko kue di Surabaya. Bahkan, Anda juga bisa membeli varian lapis kukus pahlawan seperti almond tart untuk dijadikan oleh oleh khas Surabaya.

Untuk harga Lapis Kukus Pahlawan dibanderol sangat murah mulai dari Rp30.000 per box-nya. Sedangkan untuk daya tahan dapat bertahan hingga 3-4 hari di suhu ruangan dan 7 hari di dalam lemari pendingin.

Untuk Anda yang tinggal di luar Surabaya namun ingin menikmati lezatnya oleh oleh khas Surabaya Lapis Kukus Pahlawan, tenang sekarang produk ini sudah dapat dibeli secara online melalui CS melalui WhatsApp 08111530058, dan di berbagai marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

2. Pentol

oleh oleh khas Surabaya yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan bakso. Hanya saja pentol tidak dimakan dengan kuah. Di Surabaya, ada banyak pedagang pentol yang tersebar di penjuru kota. Salah satu pentol yang terkenal adalah Pentol Cempaka. Popularitas Pentol Cempaka ini bahkan menarik perhatian foodie lover dari kota lainnya.

Tekstur pentol memang lebih kenyal dibanding bakso karena lebih banyak mengandung tepung kanji. Selain itu, pentol juga bisa disajikan dengan tahu dan gorengan. Tambahkan saos tomat, sambal, dan kecap manis agar oleh oleh ini terasa lebih lezat.

3. TauwaTauwa

Salah satu oleh oleh di Surabaya yang mengadaptasi makanan khas masyarakat keturunan Tionghoa adalah tauwa. Tampilan makanan ini nampak seperti puding lembut berwarna putih susu, lalu disajikan dengan kuah beraroma jahe yang sedap. Tauwa merupakan sari kacang kedelai murni. Biasanya saat menyajikan tauwa pedagang juga menambahkan kacang kedelai di dalamnya.

Di kota pahlawan, Anda bisa menemukan pedagang tauwa yang umumnya mengendarai sepeda atau motor, lalu di bagian belakangnya terdapat gerobak berisi dagangannya. Semangkuk tauwa umumnya dijual mulai harga 5-10 ribu rupiah saja.

4. Kue Tok

Kue basah yang satu ini hanya bisa Anda temukan di Surabaya. Meskipun di beberapa kota lain sudah banyak dijual kue ini, tapi tetap saja Anda akan lebih mudah menemukan kue tok kala berada di Surabaya. Kue dengan tekstur yang sangat kenyal ini dibuat dari tepung ketan. Pada bagian bawah kue dialasi dengan daun pisang. Kemudian, isi dari kue tok ini umumnya adalah kacang hijau.

Agar tampilan kue tok tampak lebih menarik, Anda bisa menambahkan pewarna makanan hijau atau merah pada kue tok ini. Kue basah tradisional khas Surabaya ini memang tidak boleh dilewatkan tanpa mencobanya terlebih dahulu.

5. Klanting

Ngomongin oleh oleh khas Surabaya, oleh oleh yang satu ini memang tidak boleh terlewatkan. Klanting merupakan oleh oleh tradisional yang tampilannya seperti cendol raksasa. Rasanya kenyal dan warnanya pun sangat cerah. oleh oleh yang juga dikenal dengan nama cenil ini terbuat dari pati ketela pohon yang direbus lalu diberi pewarna makanan sesuai selera.

Untuk membuat rasa klanting semakin gurih, penjual akan menambahkan parutan kelapa dan gula merah cair di atasnya. Kalau sedang lapar, makan seporsi klanting bisa membuat Anda kenyang, lho. Pasalnya, oleh oleh ini terbuat dari ketela yang merupakan sumber karbohidrat.

6. Bubur Madura

Bubur Madura memang berasal dari Madura, tetapi oleh oleh ini banyak dijual di Madura. Selain itu, waktu tempuh Surabaya-Madura hanya sekitar 10-15 menit saja semenjak ada Jembatan Suramadu sebagai penghubungnya. Anda bisa menemukan Bubur Madura ini berbagai tempat di Surabaya. Namun, Bubur Madura yang paling terkenal di Surabaya adalah yang di Pasar Atom dan depan Sate Kelapa Ondomohen.

Jika Anda belum tahu, Bubur Madura merupakan kombinasi antara bubur sumsum, candil, bubur mutiara, dan ketan hitam. Semua bahan yang dicampur ini akan disiram dengan santan dan gula merah cair. Rasa Bubur Madura sangat manis, tapi ada juga perpaduan rasa asin dari santan yang digunakan.

7. Kue Dollar

Cari cemilan yang renyah dan manis untuk menemani liburan Anda selama berada di Surabaya? Kue Dollar nampaknya adalah cemilan yang pas untuk Anda. Ini adalah kue kering berbentuk bundar dan sangat tipis. Bentuknya mirip dengan koin zaman dulu, sehingga dinamakan kue dollar.

Jika Anda berada di Surabaya, cobalah untuk singgah di Pasar Atom untuk membeli kue dollar. Meskipun saat ini sudah banyak penjual kue dollar yang tersebar di Surabaya, tetapi kue dollar yang paling enak ada di Pasar Atom ini. Kue kering ini memiliki bermacam-macam rasa, mulai dari coklat, keju, wijen, vanilla, dan jahe.

9. Cakue Peneleh

oleh oleh legendaris satu ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu di Surabaya. Adalah Cakue Peneleh yang merupakan cakue seperti pada umumnya, tetapi menawarkan rasa yang lebih gurih, sedap, dan lezat.

Cakue Peneleh yang asli hanya dijual di Pasar Atom. Selain cakue biasa, cakue isi udang juga menjadi oleh oleh favorit para konsumen. Cakue udang ini bisa dinikmati bersama dengan saus asam manis yang membuat rasa oleh oleh ini menjadi semakin lezat.

10. Ote Ote Porong

Tak jauh dari lokasi Lumpur Lapindo ada sebuah restoran bernama Miraza yang menjual ote-ote dengan rasa yang sangat lezat. Berbeda dengan ote-ote khas Jawa yang umumnya berisi tepung dan tauge, Ote Ote Porong ini berisi daging babi atau ayam dan zi cai, semacam rumput laut yang dikeringkan.

Ote-ote ini memiliki tekstur yang garing di luar dan lembut di dalam. Tak perlu jauh-jauh melipir ke Porong untuk mencoba ote-ote ini karena di Surabaya sudah banyak restoran yang menjual oleh oleh lezat yang satu ini.

Yuk, catat daftar oleh oleh khas Surabaya ini agar Anda bisa langsung membelinya saat sedang berada di ibu kota Jawa Timur tersebut. Jikalau ada oleh oleh dari Surabaya lainnya yang ingin Anda share, tulis nama oleh oleh tersebut di kolom komentar yang ada di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *